Paten: Alat Untuk Kecerdasan Teknologi

Paten adalah sumber terbesar informasi teknologi. Paten diberikan kepada penemu sebagai hadiah atas inovasinya dalam bentuk hak eksklusif monopoli untuk jangka waktu 20 tahun sejak tanggal prioritas penemuan. Karena kemajuan di sektor TI dan internet, sekarang dokumen berharga ini berada dalam jangkauan masyarakat umum. Setiap orang yang ahli dalam bidang ini dapat melalui berbagai database paten dan setelah pencarian bisa mendapatkan dokumen paten dari kebutuhan mereka. Ada database paten yang berbeda yaitu, USPTO, EPO, JPO, dll bebas untuk akses publik. Jika kita melalui paten yang terkait dengan bidang teknologi tertentu, kita akan dapat menemukan banyak informasi tentang siklus hidup yaitu inovasi teknologi.,

o jalur evolusi dari teknologi tertentu,

o perkembangan teknologi,

o diversifikasi teknologi,

o penggabungan teknologi,

o pemain utama di bidang teknologi tertentu,

o poin utama dari teknologi spesifik,

“Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) mengungkapkan bahwa 90% hingga 95% dari semua penemuan dunia dapat ditemukan dalam dokumen yang dipatenkan.”

Analisis paten dapat mengungkapkan informasi yang sangat berharga, yang tidak tersedia di mana pun. Setelah pencarian paten, bagian penting adalah analisis paten, dan orang harus sangat ringkas tentang tujuan penelitian mereka. Informasi dalam dokumen paten dapat digunakan dalam bentuk berbeda sesuai dengan kebutuhan dan dipetakan sesuai untuk mendapatkan gambaran seluruh analisis dalam snapshot.

Data paten dapat digunakan untuk persiapan lanskap teknologi. Matematika logistik dan matematika lingkaran dapat sangat berguna dalam merencanakan lanskap teknologi. Ini dapat mengungkapkan tren evolusi suatu teknologi, bagaimana ia berevolusi dari teknologi dasar, bersama dengan periode diversifikasi teknologi dan sifatnya. Peta-peta ini juga akan memberikan gambaran rinci tentang penggabungan berbagai teknologi untuk memunculkan teknologi terobosan. Jenis peta ini akan sangat berguna bagi personel R&D untuk mengevaluasi posisi penelitian dan teknologi mereka, dan juga mereka akan menemukan cara untuk lebih berinovasi dalam teknologi yang lebih maju dan berharga.

Dalam konteks global saat ini perusahaan perlu mengetahui teknologi apa yang dapat membuat pesaing dengan mudah tersedak, dan mungkin berusaha melakukannya. Mereka juga perlu mengetahui ruang dalam teknologi di mana persaingan sangat ketat, dan area di mana pesaing memusatkan pengembangan IP mereka dan upaya R&D mereka. Mereka harus mampu melacak akuisisi paten dan strategi pengembangan dan memetakan lanskap kompetitif. Untuk mengevaluasi teknologi sebelum membuat keputusan investasi apa pun, perusahaan perlu mengetahui langkah aktivitas mematenkan dalam teknologi, yang patennya mewujudkan gagasan mendasar dalam teknologi dan seberapa rentan teknologi perusahaan terhadap pelanggaran paten. Ini akan memberi mereka informasi yang sangat dibutuhkan dalam memutuskan antara pengembangan teknologi dan akuisisi teknologi.

Kemampuan untuk mengekstrak informasi yang relevan dari literatur paten merupakan faktor penentu keberhasilan bagi siapa pun yang terlibat dalam inovasi teknologi. Teknik pemetaan teknologi yang dapat digunakan untuk mengubah informasi paten menjadi pengetahuan yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.

Paten adalah sumber penting intelijen teknologi yang dapat digunakan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan strategis. Kecerdasan Teknologi dapat digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, memperkirakan, dan mengelola informasi terkait teknologi eksternal, termasuk informasi paten. Pemetaan paten komputasi adalah metodologi untuk pengembangan dan penerapan basis pengetahuan teknologi untuk teknologi dan intelijen kompetitif. Hasil utama dari pemetaan paten adalah dalam bentuk visualisasi pengetahuan melalui lanskap dan peta. Peta-peta ini memberikan intelijen berharga tentang evolusi / revolusi teknologi, sifat berbagai jenis perintis; besar; murni; dan pemain baru, penilaian mutakhir, dll.

Jenis-jenis peta teknologi ini akan terbukti menjadi pengganda yang berharga dalam kegiatan litbang dan komersialisasi, dengan berbagai cara termasuk yang berikut:

o Mengembangkan wawasan lebih lanjut dalam menanggapi persyaratan strategis dan perumusan kebijakan dalam organisasi

o Meramalkan dan mengidentifikasi kegiatan dan tren teknologi di industri

o Membantu dalam visualisasi pengembangan alternatif dan jalur pertumbuhan yang tersedia untuk organisasi

o Memungkinkan pengakuan dini dan tindakan atas peluang lisensi potensial

o Mengidentifikasi calon mitra dan klien

o Identifikasi diskontinuitas teknologi dan bidang peluang dalam teknologi yang mereka pilih

o Memantau dan mengevaluasi proses teknologi pesaing dan pesaing potensial

o Mendukung keputusan untuk terjun dan investasi ke dalam teknologi dan sub-teknologi tertentu

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>